Monday, April 23, 2012

Belajar Foto Dengan Bahan Seadanya

Awalnya gara-gara tertarik melihat sebuah sampul majalah photography yang menampilkan wajah seorang artis dengan wajah yang setengah terkena cahaya dan setengahnya lagi tampak gelap. Saya pun akhirnya tergelitik untuk mencoba tekhnik yang digunakan fotografer tersebut..karena di dalam majalah tersebut juga diajarkan tekhnik pencahayaan minimalis dengan bahan seadanya.

Dengan bahan dan alat seadanya, saya mulai menyiapkan : Kamera saku (saya menggunakan Canon IXUS 115 HS), lampu belajar, kertas kalkir, papan tulis hitam. Pertama-tama saya siapkan papan di belakang object, gunanya untuk menutupi benda-benda di belakang object agar tidak terkena pantulan cahaya yang dapat mengganggu proses pengambilan gambar. Kedua, saya siapkan lampu belajar yang dapat diatur terang/redup'nya dan sudah saya tutup dengan kertas kalkir agar cahaya yang keluar rata. Ketiga, matikan lampu ruangan. Keempat, siapkan kamera dan setting kamera pada modus manual/program, turunkan ISO'nya, naikkan speed (hingga light meternya -2).

Adapun setting'an pengambilannya seperti berikut ini :




Dan dengan sedikit sentuhan software photoshop untuk mengubah tone'nya menjadi sephia, maka hasilnya adalah seperti ini :




(^_^) Yah...berhubung saya bukan photographer, ya hasilnya hanya seperti ini. Tapi paling tidak saya mendapatkan sedikit ilmu pencahayaan dari majalah tersebut. (^_^)

Mari bereksperimen bersama...


(^_^)v

No comments: